Sunday, February 28, 2016

Jan - Feb (Part 2): Chicken Cheese Ball feat. Jelly Punch

Seperti janji gue pada post sebelumnya, gue akan menceritakan tentang pengalaman pertama gue yang sangat menarik, yaitu jualan. Well, sebener nya gue pernah jualan sebenernya. Jualan buat garage sale, jualan bunga malem minggu buat danusan. Tapi biasanya gue jualan karena gue harus tanggung jawab, atau bantuin temen. Pokoknya gue belum pernah nyari duit sendiri dengan cara jualan, like literally menjajakan produk yang gue bikin sendiri ke orang-orang. Inilah pengalaman pertama gue buat jualan. Dan seperti biasa, nggak mungkin kan semuanya berjalan seperti biasa? Apalagi kalo gue jadi salah satu tokoh ceritanya :')

Semua berawal di conference chat gue yang isinya 10 duri paling ganggu luvly se-jagat raya. Tiba-tiba Lala ngeshare poster, isinya tawaran buat buka stand di bazaar Pemilu IA ITB. Jadi awalnya katanya bazaar dua hari, tapi ternyata cuma sehari, yaitu hari Sabtu, 23 Januari 2016. Gue mau ikut, Angel juga, Obet juga. Akhirnya kami berempat bikin conference ngomon gin rencana buka stand. Sebagai first timer, tentu hal pertama yang perlu dipikirkan adalah, mau jualan apa. Oh iya, untuk menghemat biaya penyewaan, kami bareng sama Aninda yang buka stand nasi jepang. Jadi satu stand isinya dua orang. Lebih lanjut gue ceritakan nanti. Terus gue cerita ke Icul kalo jualannya cuma sehari, akhirnya Icul mau ikut. Icul bilang dia pengen ikut tapi males kalo dua hari. Wq dasar.

Terus gue balik dulu ke Jakarta karena harus ngurus objek TA. Baru balik lagi ke Bandung hari Jumat siang. Terus udah dimintain tolong buat beli beberapa hal di Simpang, karena kosan gue di seberang Simpang. Abis itu gue jalan kaki dari Simpang ke apt Lala. Dan... disinilah kejadian HP gue rusak karena jatuh, seperti yang sudah gue ceritakan pada post sebelumnya. Nah, di apartemen Lala saat itu ada Icul dan Lala yang abis belanja di Riau Junction. Menu: Chicken Cheese Ball dan Jelly Punch. Chicken Cheese Ball itu pada dasarnya kentang, terus dicampur sama ayam giling (dan ditambah daging giling juga), terus di tengahnya dikasih keju parut. Terus digoreng. Enak. Sumpah enak. Gue aja nggak nyangka gue bisa bikin gituan walaupun rame-rame. Resepnya katanya cari di google, atau youtube? Pokoknya itu urusan Icul dan Lala. Mereka bilang kupas kentang, gue kupasin, dan seterusnya.

Jadi pertama merebus kentang. Terus di apt Lala ini cuma ada kompor listrik satu. Biar cepat, akhirnya kentangnya ada yang direbus di magic com. Tau kan magic com? Yang buat masak nasi itu. Dan ternyata kentang yang baru direbus itu panasnya setengah idup. Padahal setelah diangkat udah dicuci dan direndam di air dingin. Tapi tetap panas. Setelah direbus, dikupas. Terus gue ngupasnya lambat, sementara Lala dan Icul cepet. Tapi gue nggak menyerah. Terus Icul pergi ke kampus buat dateng ke sosialisasi kulker, gue ama Lala lanjut kerja. Lala mulai ngancurin kentang, gue tvetap ngupas kentang. Gue gak tau itu berapa kilo tapi sumpah rasanya never ending. Setelah akhirnya kentangnya dikupas semua, gue bantuin ngancurin kentang karena ternyata ngancurin kentang juga melelahkan dan susah banget kalo lo nggak punya alat yang proper. Waktu itu cuma pake batu ulekan, tapi nggak maksimal karena ngancurinnya di wadah yang kurang proper. Terus Icul balik, Lala nyuci baju kulker. Terus akhirnya gue mencampurkan kentang dengan ayam giling. Dan saat itulah kami sadar kalau ayamnya kurang. Akhirnya minta tolong Obet buat beliin ayam giling tambahan, karena Obet dan Angel mau nyusul ke apt Lala. Percayalah, capek banget nyampurin kentang dengan ayam giling sebanyak itu. Pokoknya sampai maghrib itu kentang dan ayam sudah tercampur.

Nah, Angel dateng. Angel bilang udah di depan lift. Terus Angel minta dijemput dan akhirnya gue dan Icul yang menjemput. Tadinya jemput di depan lift di lantai kamar Lala aja. Tapi Angel nggak muncul-muncul. Akhirnya gue sama Icul nyamperin ke bawah, tapi Angel nggak ada. Dan ternyata................................ ANGEL SALAH APARTEMEN. Ngakak. Jadi ternyata Angel ke Dago Suites, padahal apt Lala di Beverly Dago. Keduanya memang sebelahan dan Angel ternyata emang belum pernah ke tempat Lala jadi dia nggak tau :( Terus yaudah deh akhirnya bertemu Angel. Terus nungguin Obet bentar, terus naik bareng. Dan saat Obet bongkar bawaannya.... ternyata dia belinya daging sapi giling, bukan ayam giling :-) Ternyata miskom. Ya sudah, mau bagaimana. Akhirnya dagingnya dicampur juga ke campuran kentang dan ayam itu. Yang nyampurin gantian, sekarang Angel. Terus gue marut keju. Terus sebagian mulai bikin ukuran yang pas buat si chicken cheese ball ini. Beberapa kali percobaan menggoreng. Oh iya, ini juga testing rasa. Tambah garam, tambah merica. Akhirnya dapet deh ukuran dan rasa yang pas. Terus mulai deh bekerja membuat bulatan-bulatan itu. Selain bikin bulatan-bulatan itu, juga ada yang bekerja membuat jelly buat minuman. Terus tadinya Lala ngerokin melon, tapi menyerah. Akhirnya gantian gue yang ngerokin. Terus gue nyerah juga, akhirnya Icul. Jangan tanya gimana kondisi kamar Lala. Berantakan, iya. Bau kentang, iya juga.

Gue lupa itu jam berapa, pokoknya Angel pulang jam 10 malem karena lagi ada adeknya di Bandung. Angel bawa pulang para jelly, karena dia bilang dia mau motongin jelly. Terus Lala lagi nggak enak badan karena dia mau dapet. Akhirnya yang bekerja membuat bulatan-bulatan, memasukkan keju, dan memberi tepung roti untuk melapisi bulatan itu adalah gue, Obet, dan Icul. Semua sudah bekerja sesuai standar di station kami masing-masing. Terus akhirnya mulai bosan dan sakit punggung karena seharian duduk di lantai. Untuk mengakali hal ini, kami bertiga akhirnya tukeran station tiap 30 menit. Terus di 30 menit itu juga ada break, bisa buat rebahan sebentar dan bisa buat shalat juga. Akhirnya pekerjaan selesai jam 02.30........................badan remuk redam. Itu pun belum selesai semua karena kuning telur atau tepung rotinya abis gitu. Pokoknya ada yang belum siap goreng. Terus pulangnya naik ojek, tapi cuma ada satu ojek. Akhirnya ojeknya bolak-balik, pertama nganter Obet, terus gue, terus Icul. Sampai kosan semua langsung tepar.

Masalah terjadi di pagi. Karena HP gue rusak, gue nggak bisa ngehubungin orang-orang. Akhirnya gue kirim email ke mereka berempat, terus gue juga ngechat di fb, dan mention mereka di twitter :''''' Terus Angel yang pertama ngebales email gue, bilang dia otw. Wah pagi itu sebenernya rada kacau sih. Janjian kumpul di apt Lala jam 6 pagi tapi gue baru bangun jam 5.45. Panik banget tapi badan rasanya udah remuk banget. Gue akhirnya baru dateng ke apt Lala jam 6.30 dan ternyata yang lain juga belom pada dateng HE. Terus Angel dateng, terus akhirnya Icul sama Obet dateng juga sekitar jam 7.00. Sambil nunggu Obet dan Icul, kami eksperimen bikin minuman yang kami namakan jelly punch. Bikinnya as simple as tuangin Sprite di wadah besar, terus masukin sirup fruit punch, aduk. Masukin jelly, aduk. Masukin melon, aduk. Masukin batu es biar dingin. Terus akhirnya kami berangkat ke venue bazaar-nya jam 10.00. Venuenya dimana? Di kampus, katanya sih di Lapbas. Dan pas mau berangkat, chicken cheese ball-nya hampir ketinggalan. Lelah.

Sampai di kampus, ternyata ramai sekali. Oh iya, kami dipisah di dua mobil. Pertama, mobil Obet yang isinya Obet, gue, dan Icul. Bawa berbagai hal rempong buat jualan. Terus Lala sama Angel nyusul karena mereka mau ambil Ades, buat dijual juga. Sempet pusing mencari stand kami dan akhirnya ketemu, ternyata di Lapcin. Aninda sudah disana bersama nasi jepangnya. Terus bingung mau naroh dimana karena ternyata standnya sempit banget hiks. Akhirnya mulai menata, siap menggoreng chicken cheese ball. Tau apa masalahnya? Ternyata listriknya nggak kuat. B A I S B A N G E T. Nyari panitianya susah banget. Listriknya tuh buat kompor, karena kami menyediakan chicken cheese ball yang masih hangat agar enak dimakan. Panik banget, kalo kompor gak nyala ntar apa yang mau dijual hiks. Terus akhirnya petugasnya ada yang dateng terus ngebenerin dan akhirnya kami siap jualan. Terus awalnya udah nentuin harga Rp 15.000/kotak. 1 kotak isi 4, atau 5? Pokoknya orang pada protes dan kami juga gak tega haha. Akhirnya Rp 10.000/kotak, isi 5 pcs. Makannya dicampur mayonaise dan sambal. Ena. Entah kenapa minumannya kurang laku hix. Ades lebih laku. Tapi ada aja loh yang beli. Minumannya harga Rp 10.000/gelas.

Masalahnya adalah... bazaarnya sepi. Abis makan siang, yang lewat udah bisa diitung jari. Udah mana selama jaga stand banyak yang ngira kami jualan nasi jepang hix. Yah gak salah sih soalnya kan emang satu stand. Sementara gue, Icul, dan Obet menjaga stand (yang sepi), Angel dan Lala terperangap di kosan Angel karena harus ngasih tepung roti ke bulatan-bulatan yang belum dikasih semalam. Alhamdulillah, semua yang kami bawa ke bazaar habis. Nggak kebayang kalo ada yang nggak abis, mau disimpen kemana :( Akhirnya sisanya tinggal yang baru selesai dikasih tepung ama Angel dan Lala. Kami memutuskan akan jualan Minggu pagi di CFD Dago, yang artinya harus bangun pagi (lagi). Tapi ternyata gak ada yang kuat. Baru pada ke apt Lala lagi jam 8 pagi, terus langusng ngegoreng sisanya. Terus tadinya sok misah gitu, Lala ngegoreng sisanya, yang lain jualan di CFD. Tapi itu udah jam 10.00, which means CFD udah sepi. Padahal pricing udah berubah lagi, jualnya bundle. Kalo makanan aja, Rp 10.000/kotak. Kalo minuman aja, Rp 7.000/gelas. Kalo makanan+minuman, Rp 15.000/paket.

Karena udah putus asa dan semua harus terjual cepat, akhirnya kami mulai share di segala grup dan ngejapri semua orang. Nawarin buat pada beli. DAN TERIMA KASIH BANYAK TEMAN-TEMAN YANG MAU AJA BELI GITUAN!!!! Ternyata banyak yang mau, jadi akhirnya kami keliling Cisitu, Dago Asri, Kanayakan, dan Tubagus Ismail, buat nganterin makanan ke para pembeli. Bahkan di putaran kedua, nganterinnya ampe ke Cigadung. Mobil baunya udah bau chicken cheese ball. Tempat duduk penuh karena dipake buat naroh kotak-kotak chicken cheese ball. Duh sayang foto mobilnya nggak ada, soalnya adanya di snapchat. Terus yaudah deh, akhirnya selesai keliling jam 16.00. Tepar. Dan alhamdulillah untung hahahaha. Nggak kebayang kalo nggak untung. Fix nangis. Sampe kosan langsung siap-siap kulker deh! Anyway sayang banget nggak ada foto Lala huhu padahal doi otak segalanya :(

Don't judge a book by its cover. Sangat cocok untuk ngemil-ngemil imut.
Sharing stand. Obet, Titha, Icul, Aninda.
Foto yang dishare di grup, biar pada tertarik beli karena ada Angel di fotonya

No comments:

Post a Comment